Masih berkutat di dunia permata kuliahan kali ini di Mata Kuliah Sistem Operasi Berikut kisi - kisi dan bisa di bilang prediksi yang keluar saat ujian.
DEADLOCK
Deadlock adalah Keadaan dimana 2 proses atau lebih saling menunggu
meminta resources untuk waktu yang tidak terbatas lamanya.
Ada empat kondisi yang dapat menyebabkan
terjadinya deadlock.
- Mutual exclusion. Hanya ada satu proses yang boleh memakai sumber daya, dan proses lain yang ingin memakai sumber daya tersebut harus menunggu hingga sumber daya tadi dilepaskan atau tidak ada proses yang memakai sumber daya tersebut.
- Hold and wait. Proses yang sedang memakai sumber daya boleh meminta sumber daya lagi maksudnya menunggu hingga benar-benar sumber daya yang diminta tidak dipakai oleh proses lain, hal ini dapat menyebabkan kelaparan sumber daya sebab dapat saja sebuah proses tidak mendapat sumber daya dalam waktu yang lama.
- No preemption. Sumber daya yang ada pada sebuah proses tidak boleh diambil begitu saja oleh proses lainnya. Untuk mendapatkan sumber daya tersebut, maka harus dilepaskan terlebih dahulu oleh proses yang memegangnya, selain itu seluruh proses menunggu dan mempersilahkan hanya proses yang memiliki sumber daya yang boleh berjalan.
- Circular wait. Kondisi seperti rantai, yaitu sebuah proses membutuhkan sumber daya yang dipegang proses berikutnya.
Solusi
Penanggulangan Deadlock
a. Mengabaikan masalah deadlock.
b. Mendeteksi dan memperbaiki
c. Penghindaran yang terus menerus dan
pengalokasian yang baik dengan menggunakan protokol untuk memastikan sistem
tidak pernah memasuki keadaan deadlock. Yaitu dengan deadlock avoidance sistem untuk mendata informasi tambahan tentang proses mana yang akan meminta dan
menggunakan sumber daya.
d. Pencegahan yang secara struktur bertentangan
dengan empat kondisi terjadinya deadlock dengan deadlock prevention sistem
untuk memastikan bahwa salah satu kondisi yang penting tidak dapat menunggu.
Strategi
mengatasi deadlock
· Prevention :
memastikan paling sedikit satu penyebab Deadlock tidak berlaku
· Avoidance : sistem menolak request terhadap resource yang
berpotensi deadlock, Algoritma Banker
· Detection and Recovery : membiarkan Deadlock terjadi, lalu mendeteksinya, kemudian melakukan
recovery, Algoritma Ostrich
SINKRONISASI
Sinkronisasi
adalah proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Tujuan
utama sinkronisasi adalah menghindari terjadinya inkonsistensi data karena
pengaksesan oleh beberapa proses yang berbeda (mutual exclusion) serta
untuk mengatur urutan jalannya proses-proses sehingga dapat berjalan dengan
lancar dan terhindar dari deadlock atau starvation.
Latar Belakang Sinkrinisasi :
- Akses-akses yang dilakukan secara
bersama-sama ke data yang sama, dapat menyebabkan data menjadi tidak konsisten.
- Untuk menjaga agar data tetap
konsisten, dibutuhkan mekanisme-mekanisme untuk memastikan pemintaan ekseskusi
dari proses yang bekerja.
- Race Condition: Situasi dimana beberapa
proses mengakses dan memanipulasi data secara bersamaan. Nilai terakhir dari
data bergantung dari proses mana yang selesai terakhir.
-
Untuk menghindari Race Condition, proses-proses secara bersamaan harus
disinkronisasikan.
MANAJEMEN
PROSES
Proses Adalah program yang sedang di
jalankan atau software yang sedang dilaksanakan termasuk sistem operasi yang
disusun menjadi sejumlah proses sequential.
3 Status proses / bagian keadaan proses :
1.
Running
/ kerja, benar-benar menggunakan CPU pada saat itu (sedang mengeksekusi
instruksi proses itu).
2.
Blocked
/ terhenti, tidak dapat berjalan sampai kegiatan eksternal terlaksana (proses
menunggu kejadian untuk melengkapi tugasnya)
Bisa berupa proses menunggu : Selesainya
operasi perangkat I/O; Tersedianya memori; Tibanya pesan jawaban
3.
Ready
/ siap, proses siap dikerjakan tetapi menunggu giliran dengan proses lain yang
sedang dikerjakan (bisa berjalan, sementara berhenti untuk memungkinkan proses
lain dikerjakan)
Status
Tambahan
New. Status
yang dimiliki pada saat proses baru saja dibuat
Terminated. Status yang dimiliki
pada saat proses telah selesai dieksekusi.
Transisi Status
Komunikasi antar proses
SISTEM OPERASI dan STRUKTUR KOMPUTER
1. Proses
di blok untuk melayani input karena sumber daya yang diminta belum tersedia /
meminta layanan I/O sehingga menunggu kejadian muncul.
2. Penjadwalan
mengambil proses lain.
3. Penjadwalan
mengambil proses ini (baru).
4. Input
telah tersedia.
Komunikasi antar proses
Operasi-operasi pada Proses
1.
Penciptaan
proses (create a process).
2.
Penghancuran/terminasi
proses (destroy a process).
3.
Penundaan
proses (suspend a process).
4.
Pelanjutan
kembali proses (resume a process).
5.
Mem-block
proses.
6.
Membangunkan
proses.
7.
Menjadwalkan
proses.
8.
Memungkinkan
proses berkomunikasi dengan proses lain (Komunikasi Antar Proses)
SISTEM OPERASI dan STRUKTUR KOMPUTER
Sasaran Sistem Operasi
Sistem operasi mempunyai tiga sasaran
utama yaitu :
kenyamanan -- membuat
penggunaan komputer menjadi lebih nyaman,
efisien -- penggunaan
sumber-daya sistem komputer secara efisien, serta mampu
berevolusi -- sistem operasi harus
dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta
pengajuan sistem-sistem yang baru.
Sejarah Sistem Operasi
Menurut Tanenbaum, sistem operasi
mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi
kedalam empat generasi:
•
Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal
perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi
mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia
sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada
generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi
yang harus dikerjakan secara langsung.
•
Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch
Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu
dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem
operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi
sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
•
Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem
operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para
pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka
sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali
gus) dan multi-programming (melayani banyak program sekali gus).
•
Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan
untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer
yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah
dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer
yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era
komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu
titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih
baik.
Struktur
Komputer
Struktur sebuah sistem komputer dapat
dibagi menjadi:
• Sistem Operasi Komputer.
• Struktur I/O.
• Struktur Penyimpanan.
• Storage Hierarchy.
• Proteksi Perangkat Keras.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar